Shopping Cart

0

Your shopping bag is empty

Go to the shop
Close

Batik Nusantara Fun Fact!

By: :Kravasia Admin 0 comments
Batik Nusantara Fun Fact!

Batik, Salah satu aset bangsa Indonesia yang sudah terkenal di dunia internasional sudah menjadi must have item bagi sebagian besar warga Indonesia, terutama mereka yang sudah bekerja karena sebagian besar perusahaan menjadikan batik sebagai seragam di setiap hari Jumat.

Dengan berbagai motif dan warna batik berhasil menarik mata siapa pun. Dengan gaya dan juga tampilan yang lebih modern, saat ini batik juga dapat digunakan untuk acara lain yang bersifat non-formal. Tidak melulu hanya digunakan sebagai outfit ke kantor saja. Fun Fact  tentang batik dibawah ini akan membuat anda semakin bangga sebagai orang Indonesia!

Gabungan dari dua kata

Ternyata, asal-muasal kata batik berasal dari gabungan 2 kata dalam Bahasa Jawa. Yaitu “Amba” yang berarti menulis dan “Titik” yang berarti titik.

Diakui oleh dunia

Sejak 2 Oktober 2009, batik telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi dari Indonesia. Pada masa pemerintahan mantan presiden Soeharto, batik sering juga dijadikan cenderamata untuk para tamu negara yang berkunjung ke Indonesia, salah satunya mantan presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada tahun 1986. Jadi semakin bangga jadi orang Indonesia! 

Sempat menjadi sesuatu yang sangat eksklusif

Pada masa lalu, kemampuan membatik menjadi suatu keahlian yang sangat eksklusif. Sehingga banyak dijadikan mata pencaharian utama bagi para perempuan, tentunya sebelum ditemukan batik cap. 

Tidak Boleh Sembarang Digunakan

Dalam budaya Jawa, setiap motif batik memiliki arti dan kegunaannya masing-masing. Seperti batik motif parang yang tidak boleh digunakan saat acara pernikahan dan batik keratin yang sempat dikhususkan penggunannya hanya untuk sultan dan keluarganya saja. Namun belakangan peraturan tersebut dicabut dan rakyat biasa diperbolehkan untuk menggunakan batik motif keraton

Related post