Shopping Cart

0

Your shopping bag is empty

Go to the shop
Close

Festival Tahun Baru Imlek Digelar di JIExpo Kemayoran

By: :Kravasia Admin 0 comments
Festival Tahun Baru Imlek Digelar di JIExpo Kemayoran
Hari Raya Imlek menjadi salah satu yang hari paling dinantikan masyarakat etnis Tionghoa untuk merayakan tahun baru kalender China. Untuk menyambut Imlek 2570 digelar Festival perayaan Imlek Nasional bertema 'Merajut Kebhinekaan Memperkokoh Persatuan.' Acara tersebut bakal digelar di Hall B3 dan C3 Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Kamis (7/1/2019) mendatang.

Ketua panitia Imlek Nasional 2019 Sudhamek mengatakan, tema yang diambil merupakan wujud dari komitmen Warga Negara Indonesia Tionghoa untuk tetap bersatu dalam kebinekaan Indonesia. Desain dalam perayaan itu memakai motif batik Megamendung yang berasal dari Cirebon yang menandakan akulturasi budaya. Diperkirakan lebih dari 10.000 orang akan hadir dalam festival yang melibatkan berbagai tokoh masyarakat serta berbagai macam elemen masyarakat Tionghoa.

Dia berharap, festival tersebut bisa menjadi lantunan kebaikan dalam spektrum yang lebih luas. Acara itu sekaligus menjadi harapan warga keturunan Tionghoa di Indonesia untuk turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Sudhamek berharap, perayaan Imlek Nasional 2019 ini bisa menjadi momentum penting untuk suku bangsa di Indonesia seperti Tionghoa untuk turut membangun bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia yang diharapkan, kata Sudhmek, bangsa yang besar, makmur, damai dan berkeadilan. "Serta menjunjung tinggi toleransi dengan cara terus merajut kebinekaan dan memperkokoh persatuan," ujar Sudhamek di Plaza Sinar Mas Land Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2019).

Selain bernuansa batik, dalam festival itu akan dibawakan lagu-lagu kebangsaan Indonesia menggunakan alat musik klasik Guzheng dari China. Sedangkan alat musik Kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara akan digunakan mengiringi lagu-lagu daerah Mandarin. Tak ketinggalan akan ada atraksi khas barongsai berpadu bersama reog Ponorogo, dan ondel-ondel khas Betawi, Jakarta. Aneka kuliner khas Tionghoa dan makanan dari berbagai daerah di Indonesia juga bisa dinikmati dalam festival tersebut.

Festival perayaan Imlek Nasional bertema 'Merajut Kebinekaan Memperkokoh Persatuan terbuka untuk umum mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

source: tribunnews.com

Related post