Perjuangan Penetapan Hari Batik
17Jan,2019

Perjuangan Penetapan Hari Batik

BY : Kravasia Admin

Batik yang dulu hanya populer sebagai seragam daerah atau baju kondangan, kini untungnya mulai menarik perhatian kalangan muda yang modis dan ingin bergaya. Hayo, kamu pakai batik nggak hari ini? Kalau kamu sudah pakai batik, baiknya kamu nggak sekedar pakai saja tanpa tahu sejarah dibalik terpilihnya tanggal 2 Oktober untuk merayakan kekayaan Indonesia yang satu ini. Yuk simak uraian Hipwee News & Feature berikut!

Sebelum ada perayaan tiap tanggal 2 Oktober, batik lebih identik dengan dress code hari Jumat. Biar batik tambah populer, pemerintah sampai buat himbauan khusus untuk ini.

 

Kravasia Batik Wanita Terbaru Jakarta


Sama dengan semua hal yang berbau tradisional, batik awalnya juga lekat dengan image pakaiannya orang tua. Bukan cuma terkesan tua, batik juga terkesan formal dan kaku sehingga banyak orang yang bingung mau pakai batik kemana. Sebagai strategi untuk mempromosikan pemakaian batik di semua kalangan, pemerintah sampai pernah mengeluarkan imbauan resmi untuk menggunakan batik tiap hari Jumat. Melalui inpres/surat edaran kepada seluruh PNS, pegawai BUMN, BUMD, pemerintah bahkan mewajibkan imbauan ini pada pegawai pemerintah.

Sekolah-sekolah juga diminta untuk memiliki seragam khusus batik karena target pemerintah yang lebih penting adalah generasi muda. Pasalnya, pelestarian sebuah budaya memang ada di tangan generasi muda. Kalau anak-anak mudanya saat ini tidak pernah pakai atau mengenal batik, kekayaan budaya ini pastinya terancam punah karena tidak bisa ‘diteruskan’ ke generasi selanjutnya.

Setelah sempat diklaim sebagai warisan budaya Malaysia, untungnya UNESCO menetapkan bahwa batik itu milik Indonesia secara resmi pada tanggal 2 Oktober 2009.

Kravasia Batik Wanita Terbaru


Perjuangan itu akhirnya berbuah manis dengan pengakuan badan budaya internasional sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Pada tahun 2009, batik diakui oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), dengan masuk dalam kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia.

Meski pada piagamnya tertanggal 30 September, secara resmi, pengakuan UNESCO itu diumumkan di akhir sidang ke - 4 Komite Antar-Pemerintah tentang warisan dunia di Abu Dhabi yang berlangsung dari 28 September – 2 Oktober 2009. Maka dari itu, hari terakhir pertemuan tersebut yaitu tanggal 2 Oktober akhirnya dipilih oleh pemerintah sebagai Hari Batik Nasional.

Kita juga nggak boleh kalah dong sama artis-artis terkenal itu. Kalau bisa, batik nggak cuma dipakai tiap hari Jumat atau tanggal 2 Oktober aja. Dan jangan takut dikatain seperti orang tua dengan menggunakan batik, karena Kravasia menyediakan batik modern yang cocok digunakan berbagai kalangan usia.