Shopping Cart

0

Your shopping bag is empty

Go to the shop
Close

Perkembangan Batik di Era Modern

By: :Kravasia Admin 0 comments
Perkembangan Batik di Era Modern

Saat ini penggunaan batik tidak seperti pada zaman dahulu yang memiliki berbagai aturan dalam penggunaannya. Batik menjadi lebih bebas dikreasikan dalam bentuk apa pun dan dapat dijadikan busana untuk dipakai sehari-hari maupun untuk bepergian ke mana pun. Saat kita melihat batik pada masa sekarang kemudian menilik batik pada masa lalu, terlihat banyak sekali perbedaannya. Dengan berbagai keberagaman yang dimiliki dalam motif, warna, teknik pembuatan dan jenis bahan. Selain itu motif batik sekarang sudah tidak terpaku pada bentuk-bentuk motif tradisional saja, batik di era modern perkembangannya sangat luas dan bebas, mulai dari pengembangan unsur motif klasik hingga pengolahan motif yang sangat ekspresif. Keberagaman motif ini sangat tergantung dari pencipta atau kreator batik tersebut. Motif batik bisa berupa pengayaan flora atau fauna secara bebas, sebuah cerita kehidupan sehari-hari masa sekarang atau masa lampau, bahkan bisa berupa motif logo tim sepak bola.

Pewarnaan batik sekarang bisa dilakukan dengan cara pewarnaan menggunakan zat warna sintetis dibantu oleh mesin yang canggih, tidak lagi brgantung pada zat warna alami yang prosesnya sangat lama. Perkembangan proses pewarnaan yang menghasilkan beragam warna secara maksimal serta mampu menghasilkan warna senada menurut permintaan warna di pasar, terbukti menguntungkan para produsen batik. Bahan batik pada masa lalu berupa bahan katun atau mori, tetapi sekarang pengetahuan bahan dan aplikasi untuk bahan batik sudah sangat beragam. Selain katun mori, ada juga organdy, organdy chiffon, organdy sutra, sutra, sutra ATBM (bukan mesin), chiffon, chiffon sutra, denim, suede, dan masih banyak lagi. 

Teknik membatik pun berkembang. Zaman dahulu teknik batik perintangan dengan malam dilakukan menggunakan berbagai macam canting. Dalam perkembangannya, tidak hanya canting saja yang digunakan. tetapi juga bisa menggunakan kuas. Bahkan, pewarnaannya tidak lagi hanya celup tetapi bisa dengan menggunakan air-brush atau dengan teknik colet. Pengembangan teknik yang tanpa batas ini akhirnya mampu mengembangkan berbagai efek dan tekstur dalam motif batik modern. 

Tags :
categories : Kravasia Blog

Related post