Shopping Cart

0

Your shopping bag is empty

Go to the shop
Close

Shibori, Teknik Pewarnaan Kain Jepang Yang Unik

By: :Kravasia Admin 0 comments
Shibori, Teknik Pewarnaan Kain Jepang Yang Unik

Siapa yang tidak menyukai pakaian dengan motif Shibori? Motif unik dan artsy ini sedang naik daun di Indonesia, terutama dalam dunia fashion. Teknik pewarnaan ini ternyata bukan berasal dari Indonesia loh, melainkan dari negeri sakura sana. Pelajari dulu yuk, serba serbi mengenai Shibori.

    Berdasarkan sejarahnya, kain shibori sudah dikenal sejak abad ke-8 di Jepang. Shibori atau Shiborizome adalah istilah Jepang untuk teknik mewarnai kain dengan cara diikat, dilipat, atau disimpul lalu dicelupkan pada cairan berbahan alami daun indigo.

    Teknik pewarnaannya sendiripun tergolong cukup mudah dilakukan. Hal yang harus dipersiapkan yaitu bahan baku pewarna dari daun indigo, kain, serta tali. Untuk daunnya sendiri, daun tersebut harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering, daun tersebut direndam dalam ember besar berisi air dan diaduk-aduk.

    Untuk mewarnai kain dengan teknik indigo juga mudah. Pertama, kain polos yang sudah dibasahi dengan air diikat sesuai pola atau motif yang diinginkan menggunakan tali. Setelah itu, kain tadi dicelup ke dalam larutan pewarna biru indigo selama kurang lebih tiga menit.

    Kain yang telah dicelup tadi lalu di peras dan kemudian diangin-anginkan beberapa saat. Semakin lama diangin-anginkan, makan warna akan terlihat semakin pekat. Tidak berhenti disitu, setelah diangin-anginkan kain shibori tersebut selanjutnya dicelup ke dalam larutan cuka pekat selama beberapa saat agar warna tidak luntur atau hilang. Setelah itu, kain kembali diangin-anginkan sampai kering.

    Teknik pewarnaan kain dengan shibori ini dapat bertahan hingga 600 tahun lamanya. Hal ini dikarenakan bahan-bahan alami yang digunakan dalam pembuatan kain shibori. Untuk teknik ikatannya sendiri memiliki 560 teknik ikatan dalam pewarnaan shibori. Mulai dari yang berbentuk kotak, bunga, hingga motif-motif rumit dengan metode yang lebih rumit juga.

    Nah, di Indonesia sendiri  saat ini juga sudah mulai banyak pakaian bermotif Shibori. Selain teknik pewarnaannya yang cukup mudah, hasilnya juga sangat cantik dan elegan. Shibori ini juga cocok banget untuk berbagai macam model dan desain. Kamu bisa memiliki koleksi eksklusif shibori terbaru hanya di Kravasia.

    Klik link ini untuk mendapatkan Shibori kesukaan kamu : https://kravasia.com/search?type=product&q=shibori

    Sumber Foto : Tumblr & Pinterest

    Related post